Travel

Kuil-kuil Paling Terkenal di Varanasi di India

Mungkin ada beberapa sudut jalan di Varanasi, di mana Anda tidak akan menemukan kuil yang didedikasikan untuk salah satu dewa Hindu. Sering disebut sebagai kota kuil, Varanasi adalah rumah bagi beberapa kuil yang sangat dihormati yang dibangun berabad-abad yang lalu. Secara umum, semakin tua kuil, semakin besar jumlah bakta yang berkumpul di sana. Setiap kuil memiliki sejarahnya masing-masing dan masing-masing kuil ini terkenal karena efek khusus yang akan ada dalam hidup Anda jika Anda berkunjung dengan mengetahui harga sewa bus pariwisata. Berikut ini daftar beberapa kuil yang paling dihormati dan paling banyak dikunjungi di Varanasi.

1) Kuil Kashi Vishwanath: Awalnya dibangun pada tahun 1776 oleh Maharani Ahilya Devi dari Indore, menara-menara kuil itu dilapisi emas oleh Maharaja Ranjit Singh pada tahun 1835 yang menyumbang 1000 kg emas. ‘Shivalinga’ di kuil setinggi 60 cm dan lingkar 90 cm bertempat di altar perak

2) Kuil Kal Bhairav: Kal Bhairav ​​adalah nama lain dari Dewa Siwa dan mengacu pada salah satu ‘bentuk’ atau avatarnya yang agak agresif. Dipercaya bahwa Kal Bhairava dibebaskan dari kutukan hanya setelah ia berlindung di Varanasi atau Kashi. Dia dipuja sebagai ‘Kotwaal’ dari Kashi / Varanasi. Kata ‘Kotwaal’ dari bahasa Hindi digunakan untuk merujuk kepada orang yang bertanggung jawab untuk situasi kesejahteraan umum dan hukum dan ketertiban sebuah kota. Secara umum dipercayai bahwa siapa pun yang datang ke Varanasi harus mengunjungi kuil KalBhairav ​​dan mencari berkatnya jika ia bermaksud untuk tinggal di Varanasi dengan aman. Kuil terletak di daerah Visheshar Ganj di Varanasi.

3) Dewi Durga Temple: The Durga Temple terletak di daerah Durgakund Varanasi dan didedikasikan untuk dewi Durga. Kuil ini dibangun pada abad kedelapan belas dalam gaya arsitektur kuil Nagara. Terbuat dari batu merah, kuil Durga memiliki shikhara atau menara yang muti-tier. Ada juga tangki air persegi panjang yang berdekatan dengan kuil.

4) Manas Mandir: Juga dikenal sebagai Tulsi Manas Mandir, kuil ini diyakini dibangun di tempat penyair besar, Tulsidas menulis beberapa bagian dari epik besar India, Ram Charitmanas atau Ramayana. Kuil ini dibangun pada tahun 1964 dengan marmer putih murni dan didedikasikan untuk Lord Rama. Layak dilihat adalah lansekap yang indah di sekitar kuil dan ukiran di dinding yang menggambarkan adegan dari epik – Ramcharitmanasa. Kuil ini dekat kuil Durga di daerah Durgakund.

5) Kuil Baru Kashi Vishwanath: Sebuah replika dari kuil Kashi Vishwanath yang asli, ini ditugaskan oleh salah satu keluarga industrialis terkaya India – Birlas. Dibangun dalam marmer putih, kuil ini memiliki ‘Siwa Lingga’ di sanctum suci Sanctum dan dindingnya bertuliskan ayat-ayat dari kitab suci Hindu kuno. Kuil ini terletak di kampus Universitas Hindu Banaras yang terkenal dekat daerah Varanasi.

6) Sankat Mochan Temple: Salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi di Varanasi, kuil Sankat Mochan diyakini telah didirikan oleh penyair legendaris, Goswami Tulsidas. Kuil ini dikhususkan untuk Lord Hanuman yang dipercaya untuk menyelamatkan para pengikutnya dari efek buruk Saturnus yang jahat. Kuil ini sangat dihormati karena diyakini bahwa Lord Hanuman membersihkan semua rintangan dari jalan pengikutnya. Kampus kuil ini adalah rumah bagi ribuan monyet yang tinggal di sini dan memakan persembahan dari para penyembah. Monyet-monyet itu tidak diketahui membahayakan siapa pun di kampus kuil sekalipun.

7) Kuil Annapurna: Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Annapurna. Dia adalah dewi makanan dan kemakmuran umum dan diyakini sebagai inkarnasi dewi Parvati, istri Dewa Siwa. Pemuja-pemudi menyemarakkan kuil ini untuk diberkati dengan kemakmuran dalam hidup dan untuk bebas dari kelaparan dalam kehidupan. Ada dua patung di kuil – yang terbuat dari emas dan lainnya terbuat dari kuningan. Idola emas disediakan untuk ritual khusus yang diadakan pada acara-acara penting. Anna Daan atau membagi-bagikan biji-bijian makanan kepada pengemis adalah praktik yang umum di kuil ini karena dipercaya dapat melawan dosa-dosa individu.

Leave a Reply