Travel

Bepergian di Koh Samui Panduan: Transportasi Umum, Taksi, Minibus, Penyewaan Mobil dan Penyewaan Sepeda Motor

Salah satu pertanyaan yang paling sering saya temui ketika memesan properti sewaan di Koh Samui untuk klien saya adalah tentang transportasi dan berkeliling pulau. Kecuali Anda berencana untuk menghabiskan seluruh liburan Anda di hotel pilihan Anda, villa atau pantai terdekat, Anda akan memerlukan beberapa bentuk transportasi untuk berkeliling Koh Samui untuk melihat atraksi lokal, pemandangan dan mengunjungi tempat-tempat menarik. Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk pengunjung termasuk transportasi umum lokal, taksi dan mobil, sepeda motor atau penyewaan minibus.

Transportasi umum di Koh Samui berbentuk truk ‘song-taew’ (diterjemahkan secara harfiah sebagai ‘dua baris’). Song-taews adalah truk pick-up yang telah disesuaikan dengan atap dan dua bangku yang dipasang di belakang, sehingga penumpang dapat duduk dengan nyaman dengan perlindungan dari matahari atau hujan. Song-taews di Koh Samui beredar di sekitar jalan lingkar pulau utama, paling sering di pantai timur dan utara antara Lamai dan Chaweng ke Bang Por. Ada juga song-taews yang melayani area jalan pantai Chaweng, Bangrak, Choeng Mon. Tergantung pada wilayah Anda, lagu-taews dapat lewat setiap lima hingga dua puluh menit dan kemudian dapat ditandai kota untuk membawa Anda ke tujuan Anda. Tarif Song-taew tergantung pada jarak yang ditempuh dan harus sekitar 20 – 50 baht Thailand per orang untuk perjalanan. Saat menandai lagu-taew, Anda harus memberi tahu pengemudi di mana Anda akan pergi dan menyetujui harga. Ketika mendekati tujuan Anda, cukup membunyikan bel yang terletak di belakang truk dan pengemudi akan berhenti untuk membiarkan Anda keluar dan meminta pembayaran.

Taksi Koh Samui memiliki reputasi yang cukup buruk di Koh Samui karena supir taksi menolak menggunakan meter. Para pengemudi mengklaim bahwa mereka dipaksa melakukan praktik ini karena biaya hidup yang tinggi di pulau itu. Di masa lalu, ada juga kasus-kasus sopir taksi yang dipublikasikan secara luas yang menyerang pelanggan mereka ketika mereka menolak membayar tarif tinggi. Umumnya, sopir taksi di Samui bahkan tidak akan membiarkan Anda ke taksi mereka untuk kurang dari 200 baht Thailand dengan perjalanan khas seharga 500 – 1.000 baht Thailand. Untuk menempatkan ini ke dalam perspektif, belum lama ini saya menyewa taksi dari Bangkok ke Chonburi, sebuah perjalanan sejauh 200 km, dengan total biaya 1.000 baht Thailand. Jika Anda akan menggunakan taksi Koh Samui, pastikan Anda setuju dengan harga dengan sopir sebelum berangkat untuk menghindari masalah saat tiba di tujuan Anda.

Penyewaan kendaraan adalah pilihan terakhir untuk berkeliling Koh Samui dengan pilihan menyewa mobil, sepeda motor atau skuter atau menyewa minibus dengan sopir. Biaya sewa mobil diasuransikan berkisar dari sekitar 850 – 2.300 baht Thailand per hari tergantung pada usia dan model mobil sewaan. Tarif sewa mobil termurah adalah untuk jip Suzuki standar dan usang dan model termahal adalah Toyota Fortuners mewah yang memiliki ruang untuk duduk tujuh orang dengan nyaman. Skuter tersedia untuk menyewa 200-350 baht Thailand per hari, sekali lagi tergantung pada usia dan model sepeda. Sangat penting untuk dicatat bahwa penyewaan skuter di Samui tidak diasuransikan dan jadi jika Anda menyebabkan kecelakaan, itu adalah tanggung jawab Anda untuk memperbaiki tidak hanya sepeda Anda, tetapi kendaraan lain yang terlibat dan biaya perawatan dari orang lain yang terlibat. Untuk kelompok besar, minibus juga tersedia untuk disewa, dengan sopir, untuk perjalanan tunggal, selama setengah hari atau sehari penuh. Harga, yang termasuk solar dan sopir, bekerja di sekitar 300 baht Thailand per jam untuk sewa setengah hari atau sehari penuh dengan biaya untuk perjalanan tunggal, seperti supermarket berjalan, bekerja lebih murah daripada taksi.

Leave a Reply